Alhamdulillah dapat kesempatan untuk mengikuti zoom
meeting dengan pegiat UMKN, Blogger bahkan orang-orang pengambil
keputusan negeri ini seperti Kyai Ma’ruf Amin, Pak Luhut, Pak Erik, dan Pak
Sandiaga. Ini pengalaman yang berkesan banget karena walau diadakan secara
digital tetapi hype –nya kerasa banget. Semangat para pemimpin
negeri yang bersama-sama ingin memajukan UMKM sekaligus pariwisata Indonesia.
Sekalipun dalam keadaan pandemi tapi semangat untuk memajukan negeri yang
pernah pudar.
Indonesia sudah laksana surga dunia yang Tuhan ciptakan
dengan segala bentuk keindahannya, salah satu surga yang tersembunyi ada di
Nusa Tenggara Timur (NTT), NTT selain terkenal dengan keindahan alamnya yang
membuat mata terbelalak, deretan pantainya yang mengajak kita untuk membuat
istana pasir, ada yang kita lupa bahwa produk UMKM Nusa Tenggara Timur (NTT)
juga kece seperti dalam bidang fesyen,
kuliner dan kriya yang dapat dipasarkan secara offline dan online ke
seluruh penjuru negeri dan pada akhirnya go international.
Berangkat dari hal tersebut diadakanlah Kegiatan Gerakan
Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang
mengusung tema Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor)
Acara tersebut disambut meriah berbagai lapisan masyarakat dari mulai pegiat
UMKM sampai petinggi pemerintahan. Apalagi di acara puncaknya yang
diselenggarakan pada Jumat, 18 Juni 2021, pukul 08.00 WITA di Puncak Waringin,
Labuan Bajo, NTT. Acara yang kece diadakan di tempat yang ikonik seperti Labuan
Bajo semakin menambahkan kesan mendalam di acara ini.
Acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora
tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk forum tatap muka (offline)
dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP
Kominfo, serta disiarkan juga secara live di TVRI, Metro TV,
iNews TV, dan radio RRI. Kebetulan saya menyaksikan melalui aplikasi zoom yang
secara realtime menayangkan acara Kilau Digital Permata Flobamora ini.
Seperti pemaparan saya diawal, acara ini dihadri oleh
banyak tamu undangan VVIP yang hadir baik secara offline maupun online antara
lain adalah Presiden Joko Widodo, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny
G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri),
Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir
(MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT),
Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan
Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat). Banyaknya tokoh petinggi yang hadir
menjadi udara positif karena menunjukan keseriusan untuk memajukan UMKM.
Ada apa saja di Gernas BBI Kilau Digital Permata
Flobamora ?
Pameran Kekinian Ala Virtual Expo
Bukan hanya launching ceremonial yang
diadakan secara meriah, ada juga loh acara kegiatan Virtual
Expo yang akan menampilkan secara virtual produk-produk UMKM yang
telah dikurasi oleh mitra Top Brand seperti Telkom, Bank Indonesia, serta marketplace. Virtual
Expo tersebut juga membuka kesempatan untuk seluruh masyarakat di
Indonesia untuk membeli produk-produk dari para pelaku UMKM di NTT. Keren
bangetkan kita bisa menyaksikan pameran secara digital.
Menurut pendapat saya pribadi, acara virtual
expo adalah sebuah gebrakan yang tepat dalam keadaan pandemi seperti
ini. Di suatu sisi kita harus aware dengan keadaan pandemi seperti ini,
sehingga harus membatasi kegiatan yang menuntut untuk bertemu secara langsung.
Di sisi lainnya kegiatan ekonomi harus tetap berjalan sekalipun dalam kondisi
pandemi agar pegiat UMKM masih punya pelanggan, nah Virtual Expo adalah
solusi yang bisa menengahi kondisi saat ini.
Sekadar Infomrasi bahwa virtual expo ini
berlangsung selama 1 bulan dimulai dari tanggal 9 Juni 2021, yipee kita bisa
jajan-jajan online sembari membantu UMKM nih. Nah virtual
expo tersebut bisa diakses melalui daring di laman https://kilaudigitalflobamora.id .
Kita terlebih dahulu registrasi dengan cara klik link tersebut lalu klik
pameran virtual. Hanya masukan nama, nomor HP, dan juga email untuk
mengakses virtual expo tersebut. Ada beberapa hal yang bisa
kita akses misalkan Exhibition hall untuk nonton pameran UMKM. Ada juga
auditorium untuk mengikuti berbagai webinar dan acara daring lainnya,
kebayangkan canggih bener. Sudah serasa dunia nyata pindah ke digital.
Nah
yang suka berbelanja cocok banget untuk nongki di Exhibition Hall.
Di sana kita bisa shopping berbagai hal dimulai dengan beragam jenis makanan,
fesyen bahkan kerajian yang khas banget. Di sini juga kita bisa tanya-tanya
seputar produk bahkan sekadar windows shopping juga bisa dong.
Kalau mau langsung berbelanja juga bisa tinggal pilih menu Commerce untuk
langsung sikat barangnya.
Teknis membeli baranyanya pun cukup simpel, kita tinggal
memilih produk yang akan dibeli, tentunya isi alamat dan jenis pengiriman,
selanjutnya pilih mau dibayar lewat apa. Fyi terdapat banyak
loh metode pembayaran seperti Dana, OVO, Link Aja atau pakai QRIS juga bisa.
Kalau udah dibayar tinggal nunggu barangnya datang, tadaaa barang kece kita
terima.
Memperkenalkan JP Hub
Dalam acara ini juga turut memperkenalkan Hub jaringan pariwisata (JP Hub) ialah
sebuah ide dan eksekusi kreatif dengan melibatkan kolaborasi Kominfo dan Telkom
Indonesia, serta didukung oleh Kemenparekraf untuk mengangkat kekayaan dan
keragaman alam di Indonesia menjadi potensi wisata yang sangat besar. JP-Hub
memungkinkan para pelaku usaha di bidang pariwisata untuk mempromosikan dan mengembangkan
potensi daerah secara maksimal.
Tetarik untuk bergabung
dengan JP Hub. Caranya gampang banget cukup dengan kunjungi laman wonder.id
lalu pilih daftar, selajutkan pilih opsi pengaturan inventory terakhir tinggal
aktifkan sja, tara seirbu kemudahan dapat kita akses hanya dengan jetikan jari.
Toko Online Kekinian, BumdesMart
Ada hal yang menarik dalam perkenalkan BumdesMart ini, Pak Luhut dan Pak Joni secara kompak mencoba berbelanja di BumdesMart ini. Tahu nggak sih bahwa Menteri kita ini membeli 20 paket teri yang merupakan khas dari NTT di BumdesMart. “Pak bagi satu paket dong terinya, enak kali hehe,”
Bumdes Mart ini merupakan program pendampingan, pelatihan dan
fasilitasi toko online untuk Bumdes dan UMKM Desa ini
terselenggara atas kerjasama Kemendesa PDTT dan Kementrian Kominfo, serta
didukung oleh BAKTI Kominfo. Untuk bergabung, caranya dengan masuk ke halaman
bumdesmart.id kemudian klik datar dan selanjutnya isi formulir pendaftaran.
BumdesMart memiliki program yang memberikan edukasi literasi
digital dan e-commerce yang diperlukan oleh pelaku usaha desa. Peserta program
dari Bumdes dan UMKM Desa ini ditargetkan langsung bisa jualan online.
Selain ada Virtual Expo, JP Hub, BumdesMart masih ada juga
PiKampung, dan Go NTT yang merupakan bentuk nyata digitalisasi dalam
pengelolaan pariwisata dan UMKM untuk naik tingkat lagi.
Sekilas Tentang Gernas BBI
Hal-hal
yang keren tadi disatukan dalam Gernas BBI, Gernas BBI pertama kali diluncurkan
oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 sebagai upaya untuk menyelamatkan
UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19.
Gerakan
ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal
unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi.
Gerakan yang merupakan bagian dari program percepatan transformasi digital dan
industri kreatif nasional ini juga mendorong para pelaku UMKM untuk masuk ke
ekosistem digital.
Melalui Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora,
Kominfo mendukung digitalisasi UMKM di Provinsi NTT. Di tahun 2021, Kominfo
melalui BAKTI akan membangun sekitar 422 BTS 4G di wilayah NTT yang tersebar di
16 kabupaten, di antaranya yaitu Ende, Manggarai, Sumba Barat, Rote Ndao, Sumba
Tengah, dan Manggarai Timur.
Untuk menonton acara puncak Kilau Digital Flobamora di sini aja
Yuk kita dukung pariwisata, dan UMKM Indonesia agar
semakin jaya.
Post a Comment